Minggu, 09 Mei 2010

Merubah sistem pengapian CDI Merzy ke sistem CDI AC

Beberapa orang lebih suka menggunakan sistem CDI AC, tapi terkendala pada beberapa perangkat sistem yang tidak tersedia. Untuk Merzy dibawah tahun '83, terkendala mereka menggunakan platina. Sedang pabrikan diatas tahun '84, mereka menggunakan CDI DC. Lalu bagaimana untuk menjadi AC?

Saya akan coba merubah sistem pengapian CDI DC ke CDI AC, terkhusus pada jenis Cobra (tahun '84 keatas.)

Yang perlu dipersiapkan adalah CDI AC milik Supra-X atau Honda Grand, dan spul pengapian milik Force-1. Dan tentu saja angker spul bawaan Binter Merzy. Dan perubahan extreme akan dilakukan pada angker tersebut.

Pertama, dari 12 karen yang ada harus dipotong 3 buah. Sehingga akan tersisa 9 karen khusus untuk pengisian saja. Pada space hasil potongan 3 karen tadi diukir sesuai dengan posisi dudukan spul milik Force-1 tadi. Dibuat sedemikian rupa sehingga kaki-kaki spul tertanam di angker.

Ada 2 kutub pada spul Force-1 tadi. Satu untuk menuju CDI, dan satu lagi sebagai masa (negatif). Alangkah ringkasnya bila masa spul pengapian dan spul pengisian dijadikan satu dan dibaut pada baut angker. Sehingga tidak terlalu banyak kabel yang keluar.

Kabel yang keluar dari spul Force-1 tadi akan langsung mendapat CDI AC. Ckup hanya 2 kabel yang keluar dari tutup magnet. Satu menuju CDI dan satu lagi sebagai pengisian menuju kiprok.

Dan jangan lupa, lilitan pada 3 karen tadi harus dibagi rata pada 9 karen yang tersisa. Sehingga jumlah lilitan total tetap sama, dan tidak mengurangi jumlah arus pengisian.

Sebagai pengatur arus ke CDI, tetap menggunakan pulser. Alangkah baiknya bila pulser menggunakan milik Grand atau milik Shogun. Sehingga jarak tempuhnya sama.

Semoga membantu....

Oleh : Damian Risandra

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar